Cara Mengatasi Masalah dan Konflik | Gakbasi.com

You are here: Homepage » Keluarga » Cara Mengatasi Masalah dan Konflik

Cara Mengatasi Masalah dan Konflik

April 6th, 2013 1 Comment
advertising

Cara Menghadapi Masalah 300x240 Cara Mengatasi Masalah dan Konflik

Secara umum, konflik dapat terjadi di mana saja dan kapan saja. Konflik ini dapat menghinggapi berbagai kalangan, dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Seperti yang kita tahu, konflik dan masalah bukanlah hal yang harus dihindari, melainkan harus dihadapi dan diselesaikan agar tidak menjadi masalah yang berkepanjangan. Setiap orang harus memiliki kesiapan diri yang optimal agar dapat menyelesaikan konflik tersebut dengan baik. Namun, sesiap apapun orang menghadapi konflik ataupun masalah, ia pasti akan dihadapkan pada kepanikan yang datang bersamaan dengan konflik.

Sebagian besar orang, saat dihadapkan pada konflik atau masalah, kepanikan akan muncul dengan tiba-tiba dan dapat menghancurkan ketenangan yang seharusnya tetap ia pertahankan untuk bisa memanage konflik tersebut. Tiap orang memiliki kapasitas pengelolaan konflik yang berbeda-beda. Dan sebenarnya mereka dapat mengontrol hal tersebut. Untuk mengontrol kepanikan tersebut, anda dapat memulainya dengan menarik nafas yang dalam saat masalah tersebut muncul. Namun, jika anda memang harus diam, lebih baik anda diam dan berpikir sejenak untuk mengatasi masalah yang sedang anda hadapi.

Atau cobalah untuk menggunakan aromaterapi untuk memberikan ketenangan bagi tubuh anda. Karena indra penciuman adalah indra yang paling cepat mempengaruhi kondisi emosional seseorang, apalagi saat mereka tengah dihadapkan pada konflik. Aromaterapi ini dapat membantu menetralkan emosi yang labil yang muncul saat masalah itu datang sebagai akibat dari kepanikan dan stress yang berkepanjangan setelah konflik tersebut muncul.

Jika kepanikan tersebut sudah dapat diatasi, maka anda dapat menghadapi konflik yang ada dengan menyiapkan langkah-langkah antisipatif terhadap masalah. Nah, di sini yang harus bermain adalah logikanya, bukan perasaannya yang didahulukan. Tapi sebagian wanita menggunakan perasaannya untuk menyelesaikan konflik yang sedang mereka hadapi. Maka, mulailah sekarang bagi para wanita juga untuk bisa menggunakan logikanya dalam menyelesaikan masalahnya. Meski itu sulit, namun cobalah untuk memulainya dari sedikit demi sedikit.

Ketika orang mampu untuk melihat masalah dari berbagai sudut pandang, maka hal tersebut akan dapat membuat pikirannya lebih terbuka untuk menghadapi masalah tersebut. Jika kita memaksakan orang lain untuk menerima sudut pandang kita, yang ada akan membuat masalah tersebut semakin rumit. Konflik tersebut akan dapat dihadapi dengan baik jika kita mempunyai tingkat fleksibilitas terhadap masalah.

Jika ada masalah, hadapilah, jangan malah menghindar. Menghindar dari masalah yang ada bukanlah solusi terbaik dalam menyelesaikan masalah. Milikilah jiwa yang tangguh, sehat, dan mantap agar dapat membantu kita untuk selalu siap menghadapi masalah yang datang. Butuh keinginan dan komitmen yang kuat untuk bisa mengatasi masalah dengan meminimalisi kepanikan.

Kesimpulan : Kiat Menghadapi Konflik

Secara umum, konflik dapat terjadi di mana saja dan kapan saja. Konflik ini dapat menghinggapi berbagai kalangan, dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Seperti yang kita tahu, konflik bukanlah hal yang harus dihindari, melainkan harus dihadapi dan diselesaikan agar tidak menjadi masalah yang berkepanjangan.

Advertisement

One Response to “Cara Mengatasi Masalah dan Konflik”

  1. sebenarnya segala yang ada pada kehidupan itu netral sifatnya, kita saja yang menentukan ada masalah atau tidak

 

Leave a Reply to this Post

Gakbasi.com Search form
My Zimbio