Manfaat Puasa Sunah dan Wajib bagi Kesehatan | Gakbasi.com

You are here: Homepage » Agama, Kesehatan » Manfaat Puasa Sunah dan Wajib bagi Kesehatan

Manfaat Puasa Sunah dan Wajib bagi Kesehatan

July 11th, 2013 0 Comments

Manfaat puasa tanpa kita ketahui sangat baik sekali untuk kesehatan tubuh kita. Selain kita mendapatkan ganjaran dari Allah SWT, kita juga bisa memanfaatkan ibadah puasa sebagai aneka terapi dan juga aneka penyembuhan bagi tubuh. Puasa sendiri memiliki makna menahan lapar dahaga dan juga menahan amarah selama sehari kurang lebih 14 jam selepas waktu imsya’ sampai waktu maghrib datang.Manfaat Puasa Bagi Kesehatan 300x168 Manfaat Puasa Sunah dan Wajib bagi Kesehatan

Puasa ada banyak sekali macamnya baik itu dari puasa wajib Ramadhan seperti yang sedang kita jalani saat ini, puasa sunah dan juga puasa nadzar sama halnya memiliki manfaat yang tidak jauh berbeda. Untuk mengetahui berbagai manfaat puasa silahkan simak artikel berikut ini.

Manfaat Puasa Bagi kesehatan dan bagi tubuh:

1. Mengurangi Berat Badan

Dalam kehidupan sehari-hari, ketika kita tidak berpuasa tubuh kita mengkonsumsi sekitar 2500 kalori setiap harinya. Sedangkan ketika berpuasa kita hanya mengkonsumsi sekitar 500-800 kalori/harinya.  Dengan kewajiban kita seorang muslim untuk menjalankan puasa, hal ini sangat menguntungkan bagi kita yang mempunyai masalah dengan berat badan. TIdak usah berdiet, dengan puasa kita bisa mengurangi berat badan asalkan asupan makanan yang kita cerna kita jaga juga.

2. Memberi Kesempatan System pencernaan Untuk Beristirahat

Pada saat berpuasa tentunya asupan makanan yang kita konsumsi menurun drastis. Dimana setiap hari dan setiap waktu system pencernaan tubuh kita selalu bekerja ekstra untuk memproses makanan yang kita konsumsi setiap harinya. Dengan berpuasa otomatis system pencernaan pada tubuh kita beristirahat selama kurang lebih 14 jam dan hal itu dapat mencegah masuknya penyakit pada tubuh kita.

3. Meremajakan Sel-sel Tubuh 

Menurut penelitian, setiap hari tubuh memproduksi berjuta-juta sel dan setiap harinya juga jumlah sel yang mati di dalam tubuh kita mencapai 125 juta dalam hitungan per detik. Ketika kita menjalani puasa, terdapat perubahan yang masif pada asam amino yang terakumulasi dari makanan sebelum disalurkan keseluruh tubuh dan pada saat itu terjadilah format ulang. Pada saat itu tunas baru sel diberi kesempatan untuk merestorasi fungsi dan kinerja dari sel itu sendiri.

4. Menurunkan Kadar Glukosa Pada tubuh

Saat berpuasa perubahan pola makan dimana dilakukan saat berbuka dan sahur saja bisa memberikan dampak positif bagi anda penderita diabetes militus karena menurut penelitian kadar gula orang yang berpuasa menunjukkan menurun.

5. Detoksifikasi

Perlu anda ketahui ketika puasa tubuh kita mengalami proses detoksifikasi yaitu dimana penetralan tubuh dengan kata lain tubuh memurnikan racun melalui hati, usus besar kelenjar limpa dan kulit.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Ketika orang berpuasa otomatis proses metabolisme pada tubuh kita berkurang dimana tubuh yang biasa mengkonsumsi kalori sebanyak 2500 menurun menjadi 500-800 kalori.  Pada saat puasa terdapat peningkatan limfosit atau yang sering kita sebut dengan Sel darah putih dimana limfosit ini berfungsi sebagai system kekebalan tubuh pada manusia.

Leave a Reply to this Post

Gakbasi.com Search form
My Zimbio
Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.